Senin, 26 September 2011

Tips Memelihara Monyet Ekor Panjang


Monyet Ekor Panjang yang biasa dipanggil Monyet Pantai memang menjadi hewan peliharaan exotis dan cukup populer di dunia maya saat ini dan perdagangan secara online juga sudah marak,
Tidak hanya monyet, tapi juga beberapa hewan dilindungi juga ikut di perdagangkan seperti lutung jawa, lutung emas, owa jawa, siamang, blacan, kukang dan masih banyak lagi,...
Namun yang saya bahas adalah hanya monyet ekor panjang, yang biasa dipanggil monyet pantai

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah monyet asli Asia Tenggara namun sekarang tersebar di berbagai tempat di Asia. Monyet ini sangat adaptif dan termasuk hewan liar yang mampu mengikuti perkembangan peradaban manusia.

Selain menjadi hewan timangan atau pertunjukan, monyet ini juga digunakan dalam berbagai percobaan kedokteran.

Sebenarnya saya suka anjing tapi karna agama melarang saya dan juga saya sudah jenuh memelihara kucing jadi saya putuskan memelihara monyet saja.

Merawat monyet sangatlah sulit dan menguras waktu, Monyet memang binatang yang mirip manusia bahkan bayi monyet perawatanyapun mirip sekali dengan bayi pada umumnya,

bayi monyet selalu ingin di gendong, karna di alam liar, bayi di gendong hampir 7 bulan bersama induknya, jadi kita harus sabar dan telaten merawatnya, yang perlu di siapkan sebelum merawat anak monyet adalah kardus kecil untuk tempat tidur, kain/ handuk bekas yang lembut, rantai/ kandang lebih baik, dot bayi lunak kecil, susu formula bayi(tanya dokter hewan),

untuk makanan, cukup pisang yang dilumatkan jadi bubur, mungkin bayi monyet suka makanan lain, karena monyet suka variasi makanan, memang bayi monyet kadang menjengkelkan karna suka pup sembarangan, karna itu kita harus telaten, kalau perlu pakai popok new born,

untuk saat ini sudah dulu, bersambung.......

ingat jika kita tulus merawat, apapun hewan peliharaan kita pasti mereka akan membalas kebaikan kita, meski dengan cara mereka sendiri,

73 komentar:

  1. sy baru aja beli monyet jenis ini.. tergolong galak gak sih ?? agak takut utk gendong nya.. ada info utk vaksin ga?? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokter hewan manapun bs kog.suntik rabies kl umur 6 bln.

      Hapus
    2. Kak mf saya mau brtanya.kak monyet pantai sama monyet gunung kalau besar apakah sama ukuran badannya...???

      Hapus
  2. Jinak kok gan, vaksin tanya dokter hewan aja gan,

    BalasHapus
  3. Gan.. Aku baru adop Monyet pantai nih... Pi warnanya kok coklat muda yah.. kayak model Monyet coklat sumatra

    BalasHapus
  4. aku punya monyet ekor panjang tapi galak banget.. gmn caranya biar jinak gan..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. konon harus di"kebiri" (kalau jantan) jd tidak terlalu galak.
      Taringnya juga lebih baik ditatah

      Hapus
    2. goblog, fitrah hewan ga usah di rubah, kalo g mau ngurus lepasin aj

      Hapus
  5. Saya puya monyet ekor panjang 2 cw co yang co udah 2.5th udah gede jinak bgt yang cw baru 9bulanan jinak juga..cuman saya bigung mau di jodohkan malah berantem bigung saya ada yang tau cara menjodohkan nya..??

    BalasHapus
  6. belum bisa dijodohkan Mas, soalnya usia kawin monyet kalau tidak salah 4 tahun. Makanya monyetnya malah berantem terus. Tapi hati-hati setelah usia kawin mereka sifatnya berubah jadi agresif, mulai menggigit.

    BalasHapus
  7. Saya punya monyet ekor panjang,berbulu orange!! Lepas dari induk nya sudah 2 minggu, dan dapat juga dihutan...
    Kalau boleh tanya? Gimn cara ngerawat nya ya sob.. Abis dah tanya sana sini dan cari info juga nihil..

    BalasHapus
  8. Wah sama gan ane jg baru beli, ane kurung tuh si nyemot tp dia berontak terus siang malam mina dibebasin, sampe2 suaranya kayak org nangis gitu kasihan ane ngelihatnya, gmana solusinya ya sob..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monyetnya di ikat aja mas jangan di kurung biar bisa bergerak g stres...

      Hapus
  9. Bgm cara memelihara monyet supaya jinak dg tuannya

    BalasHapus
  10. Mandiin aj seminggu 3x pasti jinak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi gan monyet saya baru umur kurang lebih 1 bulan ,ngajak jalan jalannya gmne gan??


      Hapus
  11. Bro ak punya lutung emas yg msih bayi.skrng lg skit gara2 kemasukan beraknya ke mulut Dan hIdung.trus skrng napasnya kempis2 cepat.mhon pendaptnya bro

    BalasHapus
  12. Cerita sedikit Saya punya monyet sudah 4 tahun..dari yang dulu luchu sampe ngeselin sekarang...tapi dah jadi kaya keluarga...tapi anehnya monyet cuma jinak sama saya...bener banged kita mandiin dy sama ngajak jalan dy bikin intraksi yang lebih...jadi jinak banged...kalo lutung ane belom pernah melihara...yang ane tahu kalo pupnya udah mencret..itu kena diare n nafasnya udah cepet itu diare akut...harus ditolong cepet..

    BalasHapus
  13. cara ngobatin anak lutung yg lemas gak mau mkn gak mau mnum susu gimna ?? sedih bngt , sy pusing ga ngerti , :( mnum kdg2 mau tp mkn udh jrg pdhl kmren kuat bngt mkn ny

    BalasHapus
  14. mau melihara lutung dmna ya yg jual.? klo ada anakan klo ada infoin ke nmr ini ya ada whatssapp juga 088977613150 trimakasih

    BalasHapus
  15. Di mandiin, terus di elus2 dadanya, di gendong2 biar nurut.

    BalasHapus
  16. Saya bru pelihara monpai umur -+3 bln (kata yg jual) tp galak bnget, tangan sma jari saya di gigit smpe biru, gmna cara jinakinnya ya... Trus badan bagian depan memang warnanya biru yaa..

    BalasHapus
  17. Apakah bayi monyet harus di mandi kan juga yaa gan?? Seminggu brapa kali ya gan?? ~`Mohon infonya dong~`😃😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehari 2x kl mau bersih ksih minyak telon.

      Hapus
    2. Saya juga punya monyet umur 6 bln,utk mandi nya rutin tiap hari,2 kali pagi sore air panas,jgn terlalu dingin

      Hapus
  18. Punya monyet umur 3bln jantan, susah kalau mandi suka gamau diem . Gmn caranya yaaa biar bisa dimandiin ? Trus klo ada org asing kerumah teriak2 ketakutan malah jd agresif dan gmpang pup sama ngompol . Liat cewek lgsg digabrug minta disayang-.- Infonyaaa yaaa gmn biar bisa dimandiin? Hi trimakasih gan����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya baby monyet dah 1 bln saya rawat.duluda waktu beli katanya baru 1 bln.dari pertama sampai di rmh setiap hari saya mandiinmn pakein popok jd kandangnya bersih terus emang klu jenis monyet ekor panjang takut air.tp dia sy biadain mandi pertama yama emang susah tp sekarang sih dah biasa .pehang ekornya aja biar dia gak lari2

      Hapus
  19. Mau tanya..Saya piara monyet pantai nihh monyet saya gak mau makan. Solusinya apa ya?? Soalnya mencret juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih. Makan kfc sma ksh bir biar slow gan

      Hapus
  20. Aku juga piara monpai udah 1bln ini ,, aku piara dari usia 3bln lepas dari induknya cuma dia rajin aku mandiin 2x sehari abis mandi pasti aku suruh ngemut perment tolak angin ,, dia udah nurut bgt sama saya manja bgt juga klo digendong org trus tiba2 liat saya lewat dia pasti triak2 manggil/kadang lgsung lari meluk saya setiap tidurpun dibiasain sama saya dikasih kain dikasih apapun gamau,dia maunya meluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget kayak monyet saya mbak duhh hehehe lucu yaa liat tingkahnya

      Hapus
  21. Allhamdullilah dari semua hewan yg pernah saya pelihara cuma sama monpai (Loly) ini saya ngerasa bener2 sayang dia paling ngerti kadang klo liat saya triak2 keorg(mungkin disangka marah) dia juga jd hatersin org itu dgn cara nakut2in , klo lg saya tinggal kerja dia kalem dijagain ponakan (krna gada saya dia takut sama org) pas liat saya pulang kerja dia lgsung lari meluk saya (mulai konyol lagi sama orang) dan cuma takutnya sama saya klo tangan saya udah berlaga mau nyentil dia lgsung nunduk merem :D klo ada yg mau tau lebih lnjut ttg anak monyet saya atau bertukar pikiran dan berbicara mengenai monpai silahkan hub:089669212226 mksh,,

    BalasHapus
  22. Maaf melenceng sedikit..
    Kalo tips merawat lutung yg masih kecil bagaimana? Agar terhindar dr kematian..

    BalasHapus
  23. Monyet qu sekarat gan kejang kejang keracunan sepertinya .. apa obatnya ya.

    BalasHapus
  24. Ada yg tau gak, obat untuk nyembuhi sariawan pada moyet

    BalasHapus
  25. salam kenal semua ....
    mau minta tips dan Info nya dong ,,ane bru pertama meLihara monyet pantai inii ..dn skrng kondisi ny lg kurng baiik (makan dn minum nya susah ) ..ane ad rencana mau bawa ke dokter hewan ,,boleh mnta INFO tuk Dokter yg bisa nanganiin mslah inii ??.....(Lok.Tangerang)

    BalasHapus
  26. Info dong semua.klo bayi monyet boleh dikasih madu?

    BalasHapus
  27. boleh gan asalkan jangan terlalu berlebihan soalnya akan diare

    BalasHapus
  28. Maaf gan numpang tanya, monyet pantai kalo di piara bagus nya jrnis kelamin apa ya? Tks

    BalasHapus
  29. gan saya punya monpai tapi maa\tanya tileng gimana yah nyembuhinya...mohon infonya

    BalasHapus
  30. Saya dapat anak monyet y sudah mulai d lepas induknya tpi dya d kasi makan pepaya dya gak mau selain itu pa makananya untuk nya

    BalasHapus
  31. ka kalo umur 1 bulan gimana.saya mau pakein dia pempes tapi kayanya gaada yg muat.gimana cara biar dia ga pup sembarangan.soal makan.dia saya kasih pisang tapi dia gamau makan sendiri.jadi saya paksa suapin pake suntikan plastik..trus susu SGM ukuran 0-6 bulan..tapi dia mencret gituu...saya bingung...soalnya saya baru rawat pertama kali inii...tolong dijawab ka

    BalasHapus
  32. Bagaimana ya monpai saya tiba2 sakit..
    Sekujur tubuh nya kaku kayak batu...g bisa apa2 ci monpainya...
    Makan g mau ..cuma minum aza...
    Solisinya apa y??
    Kasian liat kondisinya

    BalasHapus
  33. Bagaimana ya monpai saya tiba2 sakit..
    Sekujur tubuh nya kaku kayak batu...g bisa apa2 ci monpainya...
    Makan g mau ..cuma minum aza...
    Solisinya apa y??
    Kasian liat kondisinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi mungkin kekurangan kalsium saya baca2 di artikel bisa jadi karena kekurangan kalsium coba cari susu yang tinggi kalsium

      Hapus
  34. Saya punya monyet usia masih 2 1/2 bulan, dia tiba2 demam, tidak mau makan serta flu. Obat apa yang harus diberikan agar sembuh ya?

    BalasHapus
  35. mas brow..nanya gimana monyet jantan onani terus .dijodohkan dengan betina di diemin aja...gan

    BalasHapus
  36. Sya lagi cari monyet pantai yg jinak,klo ada yang jual ini no sya 081220691168

    BalasHapus
  37. Saya punya monyet hutan ga tau jen8s apa masih kecil blm ada taring mau nanya ka biar jinak sama kita gimana yah ,trus kalo di gigit rasa nya gmna bahaya atau gak ?

    BalasHapus
  38. Saya pelihara owa jawa dia tinggal sama saya udah sebulan lebih, dia gamau digendong dan masih sering banget gigit, kalo gigit bisa sampe biru jadi badan saya biru biru, gimana caranya biar dia nurut padahal saya kan sayang bgt sama dia, sedih rasanya kalo kita sayang dianya gak sayang 😭😭😭

    BalasHapus
  39. Kalo monpai susah mandi gimna caranya om ,biar monpai kalo di mandiin ga brontak mulu?

    BalasHapus
  40. Kalo monyet ekor panjang emang termasuk hewan di lindungi?

    BalasHapus
  41. Beli pampers baby monkey dimana ya??

    BalasHapus
  42. Anak monyet jenis beruk mau g. ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau donk anak beruk umur berapa bulan....? Dijual berapa...? ini wa saya 082216255274

      Hapus
  43. Saya pelihara monpai usia skarang 4bulan dan mw konsul doktee untuk vaksin dll nya... Jujur saya butuh teman untuk sharing tentang memelihara monpai...boleh saya di inbox untuk no whatsapp temen2 disni... putihindung1992@gmail.com . Terimakasih

    BalasHapus
  44. Niat mau beli monyet pantai umur 1 bulan .... dmn ya

    BalasHapus
  45. Niat mau beli monyet pantai umur 1 bulan .... dmn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di depok..coba browsing jual monpai,atau di ig cari monpai dan lihat satu persatu utk coba dikontak

      Hapus
  46. Mau beli monyet dimana ya, info gais

    BalasHapus
  47. Mohon info donk..saya br rawat monpai usia 1blnan kta yg jual,jenkel jantan..1hr prtama tak lepas dr tngan,namun saya pikir drpd kasian bilamana saya berpergian/krja dia gk ada yg jagain/dekat dg nya,saya coba kandangin di hari 2-4 tiap malam namun dia suka berisik aja smpai tertidur dg sndiri nya,apa gk apa2 tuh dg car begitu? Mohon masukan nya para sesepuh yg merawat monpai juga..trims

    BalasHapus
  48. Mau bertannya bos bonyet bisa di kawinin umur berapa yah....

    BalasHapus
  49. Maaf sy punya bayi monyet induk nya sudah meninggal dri anak nya umur 3 hari skrg umur nya dua mingguan..tpi setiap diksi minum susu pasti keluar lagi lewat mulut sama hidung..apa bayi monyet ini flu ya..

    BalasHapus